Monday, July 4, 2016

Faktor Penting Dalam Mendesain Interior Kamar Tidur Anak

Faktor Penting Dalam Mendesain Interior Kamar Tidur Anak :: Arsitek Rumah Minimalis
Antara anak laki – laki dan anak perempuan pada dasarnya tidak hanya terdapat perbedaan fisik dan sifatnya saja, namun dalam pemberian fasilitas untuk semua kebutuhan dari mereka pun pada umumnya juga berbeda jauh. Misalnya untuk fasilitas sebuah kamar tidur, banyak perbedaan yang mencolok terutama yang menyangkut desain dan jenis furniture yang diaplikasikan pada kamar tidur mereka. Desain interior kamar tidur anak perempuan lebih identik dengan sifatnya yang feminim. 


Baik dari sisi model dan juga sisi pemasangan warnanya.Misalnya karakter ceria yang selalu diperlihatkan anak perempuan dalam kesehariannya. Hal ini sering menginspirasi banyak para orang tua dalam mendesain sebuah kamar tidur putri mereka, yang diwakili oleh berbagai warna – warni cerah. Dengan dominasi warna cerah seperti ini biasanya diaplikasikan pada tema atau konsep pada kamar tidur mereka. Seperti tema tokoh – tokoh serial kartun di televisi pada umumnya paling disukai anak – anak perempuan misalnya Hello Kitty, Walt Disney, dan tokoh – tokoh animasi lainnya yang sering mereka tonton. Jadi apabila Anda ingin mendesain sebuah kamar tidur untuk anak perempuan Anda, tema dan warnanya merupakan dua unsur hal penting menjadi yang perlu Anda perhatikan.


Tidak hanya pada anak laki – laki, anak perempuan pun kadang juga memiliki sifat yang sangat aktif. Karena dimana mereka sering mengajak kelompok teman – temannya bermain di kamar mereka. Dari sini sudah dapat kita simpulkan bersama bahwa bagi anak – anak perempuan, kamar tidur ternyata bukan semata – mata sebuah ruangan pribadi, sebab di kamar itu pula mereka kerap sekali untuk berinteraksi bersama dengan banyak teman – teman sebayanya. Sehingga bagi Anda para orang tua yang akan melengkapi atau memenuhi kebutuhan aksesoris serta furniture di dalam kamar anak perempuan Anda, maka sebaiknya untuk lebih mempertimbangkan kebiasaan dari anak Anda tersebut. Misalnya dengan membuat kamarnya yang lebih multifungsi dimana kamar tersebut juga berfungsi untuk tempat istirahat atau tidur, dan sekaligus untuk arena bermain bagi mereka bersama teman – temannya.Untuk dapat menentukan desain sebuah kamar anak perempuan, ada beberapa faktor yang merupakan hal penting yang perlu diperhatikan menyangkut selera dan juga kebiasaan anak Anda tersebut. Berikut ini adalah beberapa penjelasannya, diantaranya yaitu :

1. Tema dan WarnaTema menjadi salah satu faktor penting pada saat menentukan desain untuk sebuah interior kamar tidur anak perempuan. Misalnya memakai tema seperti bunga warna – warni, kemudian tokoh kartun yang imut seperti biasanya yang sesuai dengan selera anak perempuan yang suka berimajinasi. Namun agar tidak terjadi sebuah kesalahan dalam menentukan tema, maka sebaiknya Anda tanyakan terlebih dahulu pada anak Anda tentang tema apa yang mereka sukai, sehingga dapat membangkitkan kegembiraan tersendiri di dalam diri anak Anda. Sementara untuk penentuan warna memang butuh sebuah ketelitian, dimana orang tua juga harus benar-benar memahami karakter dari si anak. Meskipun dalam hal warna, selera dari masing – masing anak berbeda – beda warna, tapi pada umumnya anak perempuan memang cenderung menyukai warna yang cerah dan lembut seperti pada warna merah, pink, biru laut, oranye, atau kuning. Kombinasi dari beberapa warna tersebut sebenarnya dapat diaplikasikan pada desain kamar anak perempuan, sehingga dapat tercipta kamar yang terkesan enerjik dan ceria.

2. Furnitur dan Pernak-pernikAksesoris dan furnitur memang tidak bisa dipisahkan dari desain sebuah kamar anak perempuan. Karena bagi mereka pernak – pernik yang sifatnya terkesan lucu adalah ‘teman’ yang dapat membantu untuk mengusir suatu kejenuhan bahkan juga dapat menambah semangat. Dan akan lebih bijak lagi apabila dalam memilihkan aksesoris tersebut di sesuaikan dengan karakter mereka, seperti sarung bantal dan juga selimut yang memakai motif kartun dan dilengkapi dengan boneka – boneka lucu. Demikian juga mengenai perabotannya seperti meja belajar, kemudian sofa, dan tempat tidur sebaiknya Anda pilih dengan desain yang unik sehingga dapat mengundang daya tarik tersendiri dan sekaligus semangat bagi mereka, dan niscaya anak selalu memiliki motivasi yang tinggi dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari.

Demikian artikel ini kami buat mengenai faktor penting dalam mendesain interior kamar tidur anak, semoga dapat menambah ide kreatif Anda dan terima kasih.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Faktor Penting Dalam Mendesain Interior Kamar Tidur Anak

0 comments:

Post a Comment